Simak Keseruan dan Info Menarik dalam Seminar Introduction to Apple Developer Academy

Apple Developer Academy.

Pada hari Jumat, 23 September 2022, Apple Developer Academy @BINUS bersama Solo Technopark mengadakan seminar untuk menjelaskan lebih lanjut tentang tujuan dari program Apple Developer Academy (ADA). Yudit Cahyantoro, Pimpinan Solo Technopark, mengatakan bahwa kerja sama antara ADA BINUS dan Solo Technopark bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi para talenta-talenta terbaik untuk bergabung di ADA dan menciptakan developer-developer tingkat dunia.

Untuk dapat mengikuti program ini, terdapat beberapa tahap seleksi yang harus kamu lewati. Mulai dari tahap beberapa tes hingga interview yang akan menentukan apakah kamu lolos untuk mengikuti program ADA atau tidak. Background IT dapat menjadi sebuah keuntungan bagi kalian yang ingin mengikuti program ADA, tetapi bukan sebuah keharusan. 

Yenny Sugiarto, selaku Operation Head ADA @BINUS mengatakan, “Developer merupakan pengembang yang mengetahui kebutuhan yang ada pada community, dan mengerti proses mengapa dan tujuan dari suatu aplikasi didesain.”

Baca juga: Berkarir di Industri Teknologi Bersama Apple Developer Academy

Selanjutnya, Khoirunnisa’ Rizky Noor Fatimah, selaku Alumni Cohort 2019 & Technical Mentor ADA @BINUS, menjelaskan bahwa terdapat beberapa skill dasar yang akan dipelajari dalam program ADA, yaitu: 

  1. Process
  2. Technical
  3. Design 
  4. Professional growth 
  5. Business and marketing 

Ia mengatakan bahwa program ini bukanlah tentang IT atau non-IT, tetapi tentang dunia yang berubah dengan cepat dan pasif, serta bagaimana kita menyesuaikannya. Dari pengalaman Khoirunnisa, dalam program yang berlangsung selama 10 bulan itu, akan terdapat beberapa challenge yang harus diselesaikan oleh para mentee. Selain itu, semua peralatan yang dibutuhkan dalam program ini difasilitasi oleh ADA, mulai dari MacBook sampai iPhone. 

Dalam program ini juga terdapat personal mentor yang akan memantau perkembangan kita selama mengikuti program ADA, mulai dari apa yang sudah kita pelajari, dan pertanyaan apa yang ingin kita tanyakan. Sehingga dapat dilihat perkembangan pengetahuan dan kemampuan kita melalui program tersebut.

Aditya Nugroho, selalu Marketing Section Head ADA @BINUS, kemudian menambahkan bahwa membuat aplikasi/teknologi ternyata tidak hanya sekedar assignment, melainkan terdapat research pula di dalamnya. Sekitar 80% dari pembuatan aplikasi itu research, setelah itu baru implementasi.

Wah, menarik banget kan, Techno Fellas? Jangan sampai kelewatan yuk buat daftar ADA Cohort 6 tahun 2023. Kesempatan kalian untuk bisa daftar hanya sampai tanggal 30 September 2022 nih, kemudian kalian harus mengikuti beberapa tahap seperti yang sudah dijelaskan di atas, dan pengumuman lolos seleksi akan dilakukan sekitar akhir bulan November. 

Jangan sampai menyesal karena tidak mendaftar ya, guys. Seperti kata Kak Yenny, “Ketika kita ada kesempatan, manfaatkan apa yang ada di depan mata. Jangan takut gagal, daripada kita menyesal karena tidak coba.”

So, what are you hesitating for? Go fill in your registration form right away!

Adios, Techno Fellas!

Penulis: Rieska Mutiara Aulia Tjandra

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Where Competence, Innovation, Technology and Business Grow.

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Berita Terbaru

technopark di indonesia.

Serba-Serbi Technopark yang Ada di Indonesia

Technopark merupakan kawasan bangunan yang diperuntukkan untuk penelitian serta pengembangan sains dan teknologi berdasarkan kepentingan bisnis. Technopark biasanya didorong oleh pemerintah, baik pemerintah pusat maupun