Mengenal Pelatihan Upskilling di Solo Technopark untuk Tenaga Kerja Migas

Peserta pelatihan upskilling bersama Bapak Bayu Rahardaya.

Pelatihan Upskilling Operasi Produksi dan Teknik Pemeliharaan adalah pembekalan yang difasilitasi oleh Solo Technopark untuk para tenaga kerja di sektor minyak dan gas bumi (migas). Solo Technopark telah melakukan pelatihan guna pembekalan sertifikasi pada tanggal 5 dan 6 September 2022 untuk tenaga kerja PT Energi Mega Persada (EMP) Tbk. Peserta pelatihan merupakan tenaga kerja yang sudah bekerja selama sekitar 2 sampai 3 tahun di perusahaan tersebut. Namun, sampai saat ini belum mendapat sertifikasi untuk pekerjaan yang dilakukannya. Sehingga perusahaan tersebut, spesifiknya EMP, menunjuk Solo Technopark untuk memberikan pembekalan dan juga memfasilitasi proses assessment. Nantinya, assessment tersebut akan dilakukan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Pembekalan ini merupakan pelatihan kedua yang sudah dilakukan oleh Solo Technopark untuk tenaga kerja migas.

Baca juga: 5 Soft Skill Untuk Menjadi Engineer Handal

Pelatihan untuk Mendapatkan Sertifikasi

Pelatihan Upskilling bertujuan untuk membekali tenaga kerja migas saat melewati fase assessment guna mendapat sertifikat kompetensi dari BNSP. Peserta dalam pelatihan ini disyaratkan sudah mengikuti pelatihan kualifikasi sebelumnya. Pelatihan upskilling terdiri dari dua tahap. Pertama, yaitu pembelajaran teori-teori umum mengenai kegiatan operasi produksi dan juga teknik pemeliharaan. Kedua, yaitu tahap praktik dari teori-teori yang sudah dipelajari dan membuat laporan. Hal ini menunjukkan bahwa dalam assessment nantinya tak hanya pengetahuannya yang diuji, tapi juga keterampilan tenaga kerja.

Setelah tahap assessment, nantinya akan terlihat tenaga kerja mana yang sudah dan belum kompeten. Tenaga kerja yang belum kompeten ini awalnya sudah lulus pelatihan kualifikasi, namun kemungkinan belum cukup pengalamannya di lapangan. Hal yang harus dilakukan adalah menambah jam kerjanya lagi untuk mendapat lebih banyak pengalaman dan mengikuti assessment di periode berikutnya.  

Baca juga: Daftar dan Ikuti Pelatihan Diklat Mekanik

Sertifikasi Guna Membatasi Tenaga Kerja Asing

Saat ini, tenaga kerja di Indonesia harus mempunyai kompetensi. Siapapun yang kompeten, entah itu warga negara Indonesia atau asing, ia akan diprioritaskan untuk mendapatkan pekerjaan. Hal ini membuat pemerintah berkomitmen untuk memberikan sertifikat kompetensi kepada tenaga kerja lokal di berbagai sektor, sehingga bisa menghambat atau membatasi tenaga kerja asing masuk ke Indonesia.

Dorongan untuk mempunyai sertifikat kompetensi juga muncul pada tenaga kerja di sektor migas. Bayu Rahardaya, Assessor Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP), mengatakan bahwa semua perusahaan migas di Indonesia wajib mempekerjakan tenaga kerja yang kompeten. Hal ini sejalan dengan Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 5 Tahun 2015 tentang Pemberlakuan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia di Bidang Kegiatan Usaha Minyak dan Gas Bumi Secara Wajib yang mengatur mengenai beberapa standar kompetensi yang harus dipenuhi tenaga kerja di bidang kegiatan usaha minyak dan gas bumi. Oleh karena itu, saat ini perusahaan-perusahaan migas di Indonesia rutin mendaftarkan tenaga kerjanya untuk mendapatkan sertifikasi dari LSP, lembaga perpanjangan dari BNSP. Dengan begitu, Solo Technopark berkomitmen untuk memberikan fasilitas dan wadah yang memadai untuk para tenaga kerja di Indonesia dalam mendapatkan sertifikat kompetensi. Tentunya, melalui kerjasama bersama perusahaan minyak dan gas di Indonesia dan juga BNSP.

Penulis: Nur Alifi Wijayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Where Competence, Innovation, Technology and Business Grow.

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Berita Terbaru

technopark di indonesia.

Serba-Serbi Technopark yang Ada di Indonesia

Technopark merupakan kawasan bangunan yang diperuntukkan untuk penelitian serta pengembangan sains dan teknologi berdasarkan kepentingan bisnis. Technopark biasanya didorong oleh pemerintah, baik pemerintah pusat maupun