Last Part: Masih Ada Divisi Apa Lagi Ya di MSIB Solo Technopark?

Di artikel sebelumnya, sudah dijelaskan berbagai divisi yang ada di dalam Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Batch ke-2 di Solo Technopark. Dalam artikel kali, kita bakal kenalan lagi nih sama beberapa divisi terakhir yaitu Copywriting and Content Writer Officer (CCWO), Social Media and Media Campaign Officer (SSM), Partnership and Implementation Collaboration (PAIC), SMEs and StartUp Incubator Project Officer, Web Developer, dan Oil and Gas Training Project Officer. Penasaran banget kan tugas mereka ngapain aja? Yuk kita simak lebih lanjut tugas mereka disini!

  1. Copywriting and Content Writer Officer (CCWO) → Divisi ini merupakan bagian dari Tim Media Solo Technopark yang bertugas untuk meliput berbagai kegiatan yang diadakan di Solo Technopark. Tugas utama dari divisi CCWO antara lain:
  • Membuat caption konten press release acara/event untuk di upload di Instagram Solo Technopark;
  • Membuat artikel mengenai event dan artikel trivia yang berhubungan dengan Solo Technopark.
  • Membuat script video untuk reels Instagram dan Youtube;
  • Melakukan wawancara kepada para penyelenggara event untuk bahan penulisan press release di Instagram dan Website;
  • Mengunggah artikel-artikel yang dibuat di Website Solo Technopark.

Read more: Serba-Serbi Technopark yang Ada di Indonesia

  1. Social Media and Media Campaign Officer (SSM) → Divisi ini merupakan bagian dari Tim Media Solo Technopark yang bertugas untuk meliput berbagai kegiatan yang diadakan di Solo Technopark. Tugas utama dari divisi SSM antara lain:
  • Mengelola sosial media Solo Technopark, meliputi Instagram, TikTok, Twitter, Facebook, dan website;
  • Membuat konten untuk sosial media Solo Technopark, meliputi live report untuk setiap agenda yang dilaksanakan di Solo;
  • Technopark baik itu internal maupun eksternal, press release dari agenda yang telah dilaksanakan di Solo Technopark baik itu internal maupun eksternal, dan story interaction;
  • Mengunggah setiap konten di sosial media Solo Technopark;
  • Menjadi reporter untuk agenda Solo Technopark yang berbentuk video khususnya release event/ agenda;
  • Membuat voice over untuk konten berbentuk video, seperti konten berikut ini;
  • Membuat content planning untuk konten – konten yang akan diunggah di sosial media Solo Technopark.
  1. Partnership and Implementation Collaboration (PAIC) → Secara garis besar pekerjaan Divisi Partnership and Implementation Collaboration (PAIC) terbagi atas empat poin utama, antara lain:
  • Penjajakan

Penjajakan merupakan tahap dimana anggota divisi PAIC mencari, mengenal, dan menghubungi target mitra-mitra potensial yang terkait dengan bidang keahlian Solo Techno Park (STP). Setelah proses menghubungi berhasil, PAIC akan mempresentasikan kapabilitas STP dalam bermitra yang berperan sebagai bentuk profiling dan penawaran kemitraan STP. Pada nantinya, target-target tersebut akan diajak secara bertahap untuk menentukan bentuk kolaborasi apa yang paling sesuai untuk diimplementasikan bersama.

  • Persiapan Kerjasama

Tahapan ini berlangsung setelah diadakan pertemuan atau diskusi lebih lanjut terkait bentuk-bentuk kerjasama yang telah disetujui secara verbal. Bentuk persiapannya antara lain yaitu mengkoordinasikan kesepakatan kerjasama yang dibutuhkan ke dalam payung-payung hukum. Persiapan ini berbentuk materi-materi kesepakatan MOU atau PKS yang nantinya akan dibentuk, diproses dan dikawal oleh divisi PAIC dan divisi Legal STP.

  • Eksekusi Kerjasama

Setelah persiapan dokumen telah siap untuk disetujui. Pihak PAIC mempersiapkan pertemuan baik secara tatap muka ataupun daring untuk melanjutkan prosesi penandatanganan dokumen oleh pihak STP dan mitra. Pada nantinya hasil kesepakatan ini akan diteruskan kepada pihak-pihak sesuai dengan bidang kesepakatan tersebut.

  • Implementasi Kerjasama

Meskipun bentuk kerjasama telah disepakati, proses kerjasama juga terus dikawal bersamaan antara pihak mitra dengan divisi PAIC. Jika di dalam perjalanannya terdapat kritik, saran, usulan, dan bentuk-bentuk pengaplikasian kerjasama yang baru. PAIC akan bertanggung jawab untuk menjalankan usulan-usulan tersebut berdasarkan dokumen kerjasama yang telah disepakati bersama dan bersamaan dengan divisi-divisi internal STP yang lainnya.

  1. SMEs and StartUp Incubator Project Officer → Jobdesc Divisi SMEs and StartUp Incubator Project Officer :
  • Menjadi wadah pengembangan bagi UMKM dan StartUp yang berada di sekitar kota Solo untuk bisa berkembang di dalam ekosistem Solo Technopark;
  • Sebagai lembaga mediasi yang melakukan proses inkubasi terhadap peserta inkubasi (tenant);
  • Membuat program reguler yang mewadahi kegiatan level-up SMEs dan StartUp terutama kegiatan pembekalan dan penguatan yang mengarah pada program inkubasi;
  • Menaungi SMESKA dan Solocorn;
  • Bekerja bersama partner yang berada di Solo Technopark seperti, GoTo, Indofarma, Mind.id, Mandiri, UNISRI, Shopee, Tokopedia, UNSA, SKK Migas, BAPPEDA, Balitbangda, dan pemerintah kota Solo.

Read more: SHINE Talk, Program Terbaru Incubator Business Technology Solo Technopark

  1. Web Developer → Sebagai Web Developer, divisi ini bertanggungjawab untuk merancang, mendesain, mengembangkan dan memodifikasi situs web. Menganalisa kebutuhan pengguna untuk penerapan konten, grafis, fitur kerja, dan kapasitas pada sebuah situs Web.
  1. Oil and Gas Training Project Officer → bertanggung jawab dalam menangani proyek kolaborasi dengan OGSCI pada bidang Oil and Gas. Melakukan perencanaan sesuai konsep training upskilling and apprentice, melakukan control dan check pelaksanaan training, dan menyusun langkah pelaksanaan terkait Health Safety Environment.

Read more: Mengenal Pelatihan Upskilling di Solo Technopark untuk Tenaga Kerja Migas

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Where Competence, Innovation, Technology and Business Grow.

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Berita Terbaru

technopark di indonesia.

Serba-Serbi Technopark yang Ada di Indonesia

Technopark merupakan kawasan bangunan yang diperuntukkan untuk penelitian serta pengembangan sains dan teknologi berdasarkan kepentingan bisnis. Technopark biasanya didorong oleh pemerintah, baik pemerintah pusat maupun